lopuk.blogg.se

Download buku discipline belajar tajwid
Download buku discipline belajar tajwid






Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Al-Barqy memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar BTQ di SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung. Artinya hasil belajar antara kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol terdapat perbedaan. Karena nilai t hitung (8,55) > nilai t tabel (2,68), maka Ho ditolak. Hasil penghitungan data hasil belajar diperoleh nilai t hitung 8,55 dan nilai t tabel 2,68. 3) Pengaruh penerapan metode Al-Barqy terhadap hasil belajar BTQ memiliki skor N-Gain 0,60 termasuk dalam kategori sedang.

download buku discipline belajar tajwid

2) Hasil belajar BTQ setelah menggunakan metode Al-Barqy memiliki nilai rata-rata sebesar 79,40 termasuk dalam kategori sedang.

download buku discipline belajar tajwid

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1) Proses penerapan metode Al-Barqy dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dengan tingkat keterlaksanaan 74,99 % termasuk dalam kategori baik. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis statistik dan analisis pustaka. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Selain itu, metode Al-Barqy ini tidak memberikan efek kejenuhan karena sangat fleksibel dan variatif, juga sudah diteliti dan dibandingkan dengan metode pembelajaran Al-Quran yang lainnya oleh Departemen Agama Republik Indonesia dan dinyatakan sebagai metode yang paling mudah dan efektif. Metode Al-Barqy diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar Baca Tulis Al-Quran karena metode Al-Barqy ini sangat praktis digunakan untuk semua umur. Secara teoritis, metode pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. 3) Pengaruh penerapan metode Al-Barqy terhadap hasil belajar BTQ. 2) Hasil belajar BTQ setelah menggunakan metode Al-Barqy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses penerapan metode Al-Barqy dalam pembelajaran BTQ. Peneliti mencoba akan menerapkan metode Al-Barqy dalam pembelajaran BTQ yang diasumsikan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar Baca Tulis Al-Quran, dengan rumusan masalah yaitu, bagaimana proses penerapan metode Al-Barqy dalam pembelajaran BTQ? Bagaimana hasil belajar setelah menggunakan metode Al-Barqy? Bagaimana pengaruh penerapan metode Al-Barqy terhadap hasil belajar BTQ?. Berdasarkan studi pendahuluan di SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung ada mata pelajaran BTQ yang proses pembelajarannya masih menggunakan metode pembelajaran umum. Yegi Rizki Pratama: “Penerapan Metode Al-Barqy dalam Pembelajaran BTQ Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Baca Tulis Al-Quran” (Penelitian pada Siswa Kelas XI RPL 1 & 2 SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung).








Download buku discipline belajar tajwid